Hal yang harus disiapkan dalam membuat komputer

7:51 PM 0 Comments


Bagi kawan-kawan yang lagi nyiapin pc tahun ini, ada beberapa komponen yang sekiranya harus disiapin nih, beberapa diantaranya yakni :

  • Motherboard

Motherboard ( Ibu Papan ) adalah component utama yang harus disiapin nih, fungsi motherdboard sendiri yakni sebagai tempat melekatnya komponen-komponennya. motherboard biasa juga disebut mobo.


  • Power Supply

Power Supply yakni sebagai sumber daya dari setiap komponen yang akan kita gunakan nantinya. Power Supply yang akan anda gunakan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan ya. Pada proses perakitan Power Supply biasanya yang paling ribet karena harus menghubungkan kabel - kabel ke masing - masing komponen


  • Processor 

Processor ini berguna sebagai oak dari komputer yang akan dirakit nantinya. Gunanya processor ini sebagai yang menjalankan perintah, ya kasarnya komputer tanpa processor itu kayak komputer tanpa otak, gabisa ngapa-ngapain dah. Processor biasanya ada yang merk intel dan amd nih, tergantung pilihan kalian aja. Setiap processor ada kelebihan dan kekurangannya masing - masing.




  • RAM

RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori sementara. Untuk saat ini ada RAM DDR3 dan RAM DDR4. Kedua RAM ini tentu ada perbedaannya, RAM DDR4 ini adiknya  DDR3, lebih cepat dibandingin dengan pendahulunya, harganya ngga begitu jauh sih, tapi lebih recommend yang DDR4.

  • Storage

Storage yang umum digunakan saat ini yakni HDD dan SSD. Mending yang mana sih? Biasanya SSD itu digunain untuk memproses Data(C:), karena SSD bisa memproses data puluhan kali lipat lebih cepat dibandingin HDD.


  • Graphic Processing Unit ( GPU )

Biasa juga disebut Graphic Card, merupakan salah satu komponen yang penting, pada dasarnya GPU ini berfungsi untuk mengeksekusi segala urusan grafis baik yang states maupun dinamis. Maksudnya disini misalnya kawan - kawan menonton video, maka frame per frame yang keluar akan dieksekusi oleh si GPU ini, pokoke segala urusan gambar dah.

  • Monitor

Monitor ini gunanya untuk menampilkan apa yang sedang di proses oleh si komputer sendiri. Monitor ini sangat berkaitan dengan Graphic Card, Graphic Card akan mengeksekusi gambar dan monitor akan menampilkan hail eksekusi tersebut.


  • Casing 


Casing ini gunanya untuk tempat para komponen bersatu. Selain itu casing untuk melindungi komponen - komponen rakitan dari hal yang ngga diinginkan, misalnya dari air atau hewan - hewan. Beberapa casing biasanya udah disediain power supply. Tapi kalo mau ngecustom sendiri juga gaapa, terserah kalian aja.



  • Keyboard, Mouse, Speaker dan lainnya


Komponen komputer yang harus disiapin lainnya yakni seperangkat alat sholat, eh seperangkat alat untuk memasukan data atau mengeluarkan data.



Yap sekian komponen yang harus kalian siapkan. Pastikan pilih komponen yang selaras biar ga terjadi kesenjangan dalam komputer alias bottleneck.


Dwiweka_

Makasi Sudah Berkunjung :) Semoga bermanfaat

0 Comments: